Etika Pelayanan Tolok Ukur Kualitas Pelayanan

  • 02 September 2020
  • Oleh: Kantor Agama Kota Denpasar
  • Dibaca: 6 Pengunjung

Rabu (2/9) lalu, usai melaksanakan rapat dengan tim pembangunan ZI Kemenag Kota Denpasar, Ka. Kanwil Kemenag Prov. Bali, Ibu Komang Sri Marheni didampingi Plt. Kepala dan Ketua Tim ZI melaksanakan rapat bersama jajaran pramubakti di aula Kantor Kemenag Kota Denpasar. Pada kesempatan kali ini, Ibu Komang Sri Marheni memberikan arahan kepada seluruh jajaran pramubakti yang hadir terkait etika saat melakukan pelayanan. Sebagai petugas PTSP yang menjadi garda terdepan dalam melayani dan memberikan layanan serta informasi kepada pengguna layanan atau umat, hendaknya bersama-sama membawa dan membangun citra Kemenag khususnya Kemenag Kota Denpasar yang selalu melayani dengan SANTIH (Santun, Amanah, Nyaman, Tulus, Ikhlas dengan Hati) sesuai dengan motto pelayanan di Kemenag Kota Denpasar. Hal terpenting dalam memberikan pelayanan yakni etika. Etika yang dimaksudkan disini yakni bagaimana standar professional (kode etik) untuk bersikap dan berperilaku yang baik, ramah, sopan yang harusnya dipatuhi oleh pemberi pelayanan atau petugas PTSP saat melayani para pengguna layanan atau umat di lingkungan Kantor Kemenag Kota Denpasar.  

 

Ibu Komang Sri Marheni juga menyampaikan beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan dibenahi dalam etika pelayanan diantaranya: 1). Berpenampilan dan berpakaian yang baik, rapi, bersih 2). Bersikap dan berprilaku yang sopan, santun, ramah, peduli dan menolong terhadap kebutuhan pengguna layanan saat datang ke ruang PTSP, 3). Cara berbicara dan bertanya, inotasi halus tapi harus jelas sehingga mudah dipahami. Selain itu juga, perlu diperhatikan dan dijaga kebersihan lingkungan kantor agar selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Para petugas yang  berjaga di PTSP juga wajib mengetahui, paham dan bisa menggunakan inovasi layanan berbasis online yang dapat diperoleh dan diakses melalui web kemudian mengarahkan pengguna layanan untuk mengakses pelayanan yang dibutuhkan melalui pola denpasar di web: www.pola-denpasar.com . Semua itu hendaknya harus dibenahi dan ditingkatkan kembali demi menciptakan suasana kerja yang nyaman dan dibidaang pelayanan, agar pengguna layanan merasa nyaman, senang  dan puas terhadap pelayanan yang diberikanMari bersama-sama gerakan spora perubahan ke arah yang lebih baik. (kd)


  • 02 September 2020
  • Oleh: Kantor Agama Kota Denpasar
  • Dibaca: 6 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Drs. I Gusti Agung Gede Manguningrat, M.Ag

Apakah informasi yang disajikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar bermanfaat?